Rabu, 09 Mei 2012

Tips Mengurangi Rasa Pahit Daun Pepaya


Pepaya??? Why not. Jangan memandang sebelah mata dengan jenis tanaman ini. Selain buahnya yang digunakan untuk memperlancar pencernaan dan mengatasi sembelit, daun nya pun banyak diolah menjadi berbagai jenis masakan. 






Mungkin ngga banyak yang menyukai daun pepaya karena rasanya pahit. Tapi, jangan salah...dengan pengolahan yang tepat daun pepaya bisa dijadikan bermacam varian masakan seperti urap, aneka tumisan, gorengan (bakwan, rolade) atau sayur bersantan. Getah yang terdapat pada batang maupun  daun pepaya juga bermanfaat karena kandungan 'papain' nya yang bisa melunakkan daging.
Kendala umum yang dihadapi dalam mengolah daun pepaya menjadi berbagai jenis masakan diantaranya adalah meminimalisir rasa pahit dari daun pepaya.
Untuk itu ada 3 cara yang bisa digunakan, yaitu :
1. Merebus daun pepaya bersama dengan daun ketela pohon
    Believe it or not, hal ini bisa mengurangi rasa pahit daun pepaya lho...?
2. Merebus daun pepaya dengan menambahkan tanah liat (''lempung'')
    Jangan dibayangkan kalau tanah "lempung'' yang digunakan itu banyak sekali, cukup sekitar satu genggaman kecil untuk sekali perebusan. Caranya, tanah lempung diencerkan dengan air baru dimasukkan ke dalam rebusan daun pepaya. Setelah nya tentu harus di cuci berulangkali agar benar-benar bersih dan tidak bercampur dengan daun pepaya yang sudah matang.
3. Merebus daun pepaya dengan menambahkan daun jambu biji
      Takarannya untuk tiap kali perebusan (1 ikat daun pepaya) cukup tambahkan 5-6 lembar daun jambu biji yang sudah tua. Sesudah matang jangan lupa dipisahkan, kalau nggak bisa-bisatercampur dengan daun pepaya matang yang siap diolah.
Demikian tadi sedikit tips dari saya, selamat mencoba...???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar