Sabtu, 28 April 2012

Manfaat Jogging di pagi hari

Bukan bermaksud sok tahu atau menggurui, tapi ini sekedar berbagi pengalaman kepada para pembaca sekalian. Jogging atau lari-lari kecil di pagi hari banyak sekali manfaatnya. Yang saya rasakan selama ini, utama nya badan lebih bugar dan pikiran lebih 'fresh' sehingga lebih siap menghadapi rutinitas harian.
Jogging biasa nya saya mulai pukul 5 pagi atau lebih sedikit, saat matahari masih bersembunyi di balik awan dan berakhir sampai maksimal pukul 5.40 menit. sekitar kurang lebih 30 menit tersebut saya berjalan, memilih rute yang lumayan sepi dan jarang dilalui kendaraan. Karena rute yang saya lalui umumnya jalan sudah di aspal / betonisasi jadi saya  prefer ''nyeker'' alias tidak memakai alas kaki. Menurut saya cukup nyaman karena saraf-saraf di kaki langsung mengenai jalan dan efeknya seperti pijat refleksi alami di kaki.
Kendalanya tentu saja gerimis atau hujan deras yang kadang-kadang menerjang di pagi hari. Kalau sudah begitu ya acara jogging terpaksa dibatalkan.
Manfaat nya secara luas :
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Mencegah dan memperingan gejala flu
  • Menjaga bentuk badan
  • Menjaga kesehatan jantung
Sebenarnya masih banyak manfaat lain nya, tapi sebelum anda mencoba tentu saja tidak perlu dipaparkan lebih banyak di sini.
Selamat mencoba...???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar